Selasa, 10 April 2012

Cara Menghilangkan Babylon Search Engine Pada Browser Firefox























Ane mau berbagi pengalaman nih..
kemaren2 ane nginstal program perekam layar dekstop gtulah, niatnya sih mau nyoba2 aja, tapi apa yg terjadi, something wrong...  Ternyata dalam instalan itu ikut keinstal Babylon toolbar. Iconnya memang muncul di desktop, tapi awalnya ane kira itu program kamusnya Babylon. Lalu tiba-tiba saja, Roma Irama direkrut jadi anggota Cherrybelle. Eh, bukan. Default search di broswer Mozilla Firefox berubah jadi babylon.com, bukan Google lagi.
Sepertinya tidak lucu, biasa menggunakan search engine Google untuk pencarian, diganti dengan cara pemaksaan.
Akhirnya ane cari tau cara pemanggil ritual setannya, eh maksudnya ritual ngilangin si Babylon yang menyerang browser. Sudah ditemukan cara "mengusir" search engine Babylon ini, setelah jalan-jalan di forumnya support Mozilla hasilnya cukup mudah dan tidak ribet.

Cukup ketik kan about:config pada address bar Firefox, kemudian ketikkan Babylon pada kotak Filter-nya, dan muncul beberapa string babylon dari registry-nya Firefox.
Perhatikan gambar di bawah ini :

1. Buka Firefox, ketikan about:config pada address bar.
2. Ketikan kata Babylon pada kotak Filter
3. Klik kanan pada setiap baris string extentions kemudian reset.
Pada gambar diatas terdapat 7 baris hasil dari inject-nya Babylon, semuanya di-klik-kanan kemudian reset.










Langkah selanjutnya, buka window explorer -> Program Files -> Mozilla Firefox -> searchplugins kemudian hapus file babylon.xml.



Ini untuk menjaga apabila nanti ter-injected lagi dengan tidak sengaja karena penggunakan kotak search engine pada pojok kanan atas Firefox








Selanjutnya,

Restart browser Firefox, dan selesai…. semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar